Akhirnya siapa pengganti Lois Marry Tangel sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2017 terjawab sudah. Ia adalah Astari Indah Vernideani dari provinsi DKI Jakarta 5. Astari terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2017 melalui Malam Grand Final Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang digelar di Smesco Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat malam, 25 Agustus 2017.

Malam Grand Final dihadiri diantanya oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto, Sejumlah pejabat tinggi Kementerian terkait dan Lembaga non Kementerian, istri Menteri Koperasi dan UKM, Bintang Puspayoga, Ketua Asosiasi Duta Indonesia sekaligus Ketua Pelaksana Miss Coffee Indonesia 2017 Lisa Ayodhia, Sejumlah Putri binaan El JOHN Pageants, termasuk Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Marry Tangel dan para perwakilan sponsor.

Tidak mudah bagi Astari untuk meraih Mahkota Putri Pariwisata Indonesia 2017. Ia harus melewati beberapa tahapan yakni harus  lolos di 10 besar dan lolos di 5 besar. Di 10 besar, Astari harus bersaing dengan 9 rekannya yakni dari Jawa Barat, DKI Jakarta-3, DKI Jakarta-1, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Papua dan Jawa Tengah. Untuk masuk ke-5 besar, ke-10 finalis ini harus memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan yang di lontarkan lima dewan juri yakni Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, Deputy CEO Mark Plus, Inc  Jacky Mussry, Ketua Umum Pernik Nusantara Coreta Louise Kapoyos dan Fouder and Director LSPR Jakarta Prita Kemal Gani dan Fashion Desaigner  Musa Widyamodjo.

Ke-10 finalis ini tampak anggun mengenakan  kebaya rancangan desainer ternama Hengky Kawilarang. Pertanyaan yang dibuat dewan juri  seputar keahliaan yang dimiliki para juri seperti pariwisata dan kuliner, pemasaran  dan kecantikan.  Semua finalis yang masuk di 10 besar menjawab dengan sempurna namun dewan juri tetap memilih yang paling terbaik dari yang terbaik untuk mengisi 5 besar.  10 finalis yang masuk lima besar yakni

1, Astari Indah Vernideani dari DKI Jakarta 5
2. Syalomita Gabriella Karen Dari Sulawesi Utara
3. Astira Intan Vernadeina Dari DKI Jakarta 3
4. Revindia Carina Dari Jawa Timur
5. Herliansa Chrisnasari Puspita Dari Jawa Tengah

Ke-5 finalis kembali menjalani tes dari dewan juri untuk menentukan siapa yang berhak menyandang Putri Pariwisata Indonesia 2017. Tes kali berbeda dari  tes yang dijalanni di pemilihan Putri Pariwisata Indonesia sebelumnya. Biasanya setiap -lima finalis  menjawab pertanyaan dari dewan juri  dan empat finalis lainnya disuruh mendengarkan musik dengan headset agar tidak mengetahui pertanyaan yang diajukan. Kali ini justru berbeda, Top 5 finalis mengambil kertas yang bergambar makanan khas Indonesia mulai dari Rendang, Soto sampai Nasi Goreng. Kemudian mereka menjelaskan nama makanan tersebut serta keunggulannya.

Setelah itu, dewan juri diberi waktu untuk bersidang menentukan pewaris Putri Pariwisata Indonesia 2017. ke lima dewan juri pun semangat untuk memilih Astari Indah Vernideani dari DKI Jakarta 5 yang berhak dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2017. Nama Astari  sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2017 diumumkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto. Pemasangan Mahkota untuk Astari dipasangkan oleh Lois Marry Tangel. Sedangkan pemasangan selempang Putri Pariwisata Indonesia 2017 dilakukan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Sementara itu, ke-4 finalis lainnya berhak menyandang sebagai runner up, berikut nama-namanya:

Runner up 1 Jawa Timur / Revindia Carina
Runner up 2 Sulawesi Tenggara/ Diviayu Catur Wulandari
Runner up 3 DKI 3 / Astira Intan Verneadeina
Runner up 4 DKI 5 / Astari Indah Vernideani

Selain  itu, di acara puncak pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017  ini, juga diumumkan peraih special award yaitu:

Best Catwalk: Rima Melati Provinsi Aceh                                                                                                                                Best Evening Gown: Ireni Alexandria Garu Provinsi Nusa Tenggara Timur                                                                     Putri pariwisata halal: Yessy Octavia Dewi Provinsi Riau
Putri Ekonomi Kreatif: Astira Intan Vernadeina Provinsi DKI Jakarta-3
Berbakat: Rizky Wahyu Adriyani Provinsi DKI Jakarta-1
Photogenic: Amelia Putri Provinsi Jawa Barat
Best Natcos: Agustuna Reine Provinsi D.I Yogyakarta
Putri Bunga: Mellisa Fortunita Provinsi D.I Yogyakarta
Intelligencia: Banadhi Kurnia Dewi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Friendship: Rizky Wahyu Adriyani Provinsi DKI Jakarta-1
Sosmed Darling: Ramadhani Fayaputri Provinsi Kalimantan Tengah
Favorite: Tita Kamila Provinsi Sulawesi Selatan
Miss Cacao Indonesia: Marchellia Lunggaer Provinsi
Miss Green Tourism: Nurul Indah Dalillah Provinsi Sulawesi Selatan
Miss Tea: Agustina Reine Provinsi D.I Yogyakarta